Get Adobe Flash player

Tanjungpinang, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana,S.E. memimpin jalannya upacara memperingati HUT TNI AL ke-68 tahun 2013 berlangsung di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Selasa (10/9/2013).

Upacara diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS gabungan TNI AL yang ada di Tanjungpinang, Makolantamal IV, Lanudal, Yonmarhanlan IV, Pomal. Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio yang dibacakan Danlantamal IV Laksma TNI Agus Heryana,S.E mengatakanTanggal 10 September memiliki arti yang penting bagi perkembangan TNI Angkatan Laut, yaitu terbentuknya Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut menjadi titik tolak berkembangnya kembali kekuatan laut di Indonesia. sebuah kekuatan yang sebenarnya pernah berkembang kuat dan disegani pada zaman Majapahit dan Sriwijaya. kekuatan itu hilang saat penjajahan dan dengan tekad serta semangat perjuangan terbentuk kembali seiring dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut kali ini, merupakan momentum penting untuk perenungan dan refleksi diri terhadap perjalanan sejarah dan langkah panjang yang telah dilalui, sekaligus sebagai intropeksi diri terhadap apa yang sudah dan sedang kita laksanakan dalam menjalankan berbagai program yang telah direncanakan, untuk menuju masa depan TNII AngkatanLaut ke arah yang lebih baik.Sebagai generasi penerus cita-cita kejayaan Angkatan Laut, pelaksanaan upacara ini bukanlah sebagai acara seremonial semata. lebih dari itu, upacara ini sebagai sarana untuk lebih memotivasi semangat juang, inovasi dan kreativitas seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil TNI Angkatan Laut untuk menampilkan kekuatan laut yang handal dan disegani.

Dikatakan pula melihat dari fakta sejarah dan rekam jejak yang telah kita lewati, serta mempertimbangkan kemajuan perekonomian negara yang semakin berkembang, kebijakan negara yang berkelanjutan (sustainable policy) dan model perencanaan jangka panjang (longterm planning), merupakan kata kunci yang menjadi pegangan TNI Angkatan Laut dalam membangun kekuatan dan kemampuan saat ini. tidak berlebihan kiranya apabila dikatakan TNI Angkatan Laut saat ini sedang bergerak menuju angkatan laut kelas dunia (world class navy). ambisi menjadi kekuatan berkelas dunia bukan sesuatu yang muluk-muluk. tetapi sebuah kebutuhan yang selaras dengan visi dan misi Angkatan Laut.world class navy, dapat dipandang sebagai karakter Angkatan Laut milik bangsa yang bervisi maritim dalam pembangunan nasionalnya. pemahaman world class navy sendiri merupakan kemampuan angkatan laut, yang selalu memenuhi tanggung jawab di bidang pertahanan di lingkup nasional dan berpartisipasi dalam kancah regional maupun internasional.

Untuk itu TNI Angkatan Laut dituntut untuk selalu hadir di laut, dalam mengamankan wilayah kedaulatan nkri dan menghadiri semua agenda internasional, diantaranya terlibat aktif sebagai pasukan perdamaian pbb, pengiriman kapal perang untuk mengikuti latihan bersama di berbagai negara dan pelayaran muhibah berkeliling dunia.Dalam hal modernisasi alutsisita, tni angkatan laut melanjutkan kebijakan perencanaan pembangunan menuju minimum essential force sampai dengan tahun 2024. meskipun pencapaian pembangunan disebut dengan minimum essential force, akan tetapi dalam pemilihan jenis alutsisita diupayakan alutsista yang modern, handal dan yang pasti memiliki kapabilitas peperangan multidimensi (multidimentional warfare capabilities), dengan kuantitas yang minimal tetapi memiliki kualitas yang optimal, sehingga mampu memikul tanggung jawab mengamankan perairan nkri yang luas, sekaligus tampil tanggap dalam kanca hubungan regional dan internasional. Oleh karena itu, pembangunan tni angkatan laut harus tetap konsisten dari generasi ke generasi dan berkelanjutan diarahkan untuk membangun kekuatan dan kemampuan tni angkatan laut yang handal dan disegani.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi, kepada segenap prajurit dan pegawai negeri sipil TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi dan loyalitas pengabdian yang telah diberikan, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang dibebankan kepada TNI Angkatan Laut ucapan yang sama saya sampaikan kepada sesepuh dan pinesepuh serta seluruh keluarga besar prajurit tni angkatan laut, yang selalu memberikan dukungan motivasi sumbangan pemikiran

Turut hadir dalam upacara tersebut Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Erman Syafril, S.H. ,M.M. Para Asisten Danlantamal IV, Danlanudal, Kadis/Kasatker jajaran Lantamal IV. (Dispen Lantamal IV)

 

 

Articles

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.